Hukum Berhijab Dalam Berkarier Untuk Wanita Muslimah

Topik kita kali ini membicaraan tentang aktivis muslimah, pada saat wanita mengetahui bagaimana seharusnya seorang muslimah bersikap bijak dalam beraktivitas, dimana wanita dalam keseharian dan dalam batasan tertentu, hal ini bersamaan pula dengan hasrat dan panggilan jiwa wanita untuk mampu memberikan pengabdian pada agama, bangsa dan tentunya negara, yang berarti wanita karier dalam pandangan islam tetap sama.

Seorang wanita secara kodrat memang berada dibawah laki – laki, seperti halnya yang sudah dijelaskan dalam banyak ayat di Al-Qur’an maupun dalam Hadits. Sehingga wanita diwajibkan menuruti perintah imamnya yaitu suami. Sudah suatu kewajiban yang sangat mutlak bagi wanita setelah ia menikah, sedangkan orang tua adalah yang lebih utama pada wanita belum menikah.
Berbagai Pendapat Tentang Wanita Karier Tentang Wanita Islam


Positif dan Negatif Wanita Karir Dewasa kini, tidak sulit menemukan wanita multi tasking dimana selain menjadi ibu rumah tangga juga bekerja untuk mencari nafkah, dalam setiap lini kerja yang dikerjakan oleh pria, tidak ada larangan bagi wanita untuk bekerja pada pekerjaan yang sama. Lalu jangan samakan pekerjaan dengan kodrat wanita untuk hamil dan melahirkan. Bahkan ada beberapa pekerjaan yang pada wajarnya dilakukan oleh wanitapun dilakukan pria, seperti menjadi seorang dokter kandungan bahkan ahli kandungan dan bedah, Anda akan mudah menemukan dokter pria yang mempunyai profesi seperti ini. Atau pada kenyataannya, pekerjaan berat bagi pria pun banyak dilakukan wanita, seperti pekerjaan memecah batu dan banyak pekerjaan yang tidak hanya membutuhkan tenaga maupun dengan akal dilakukan oleh wanita masa kini.

Ada juga yang menyebut-nyebut bahwa itu adalah sebuah bentuk emansipasi wanita. Suatu wujud penyamarataan derajat wanita dengan laki – laki pada segi pengakuan kemampuan. Rasanya hal ini tidak perlu diperdebatkan kembali, karena pada pada saat ini sudah ada banyak wanita yang membuktikan hal tersebut. Karena pada rasio jumlah penduduk Indonesia menurut hasil data statistik kependudukan, rasio antara pria dan wanita dalam beberapa kategori usia tidak lagi menunjukkan jumlah perbedaan yang signifikan. Namun pada saat ini Anda mungkin lebih sering melihat wanita pulang dari pabrik seusai bekerja dibandingkan jumlah laki – laki.
Benarkah Wanita Karier Dalam Pandangan Islam Merupakan Suatu Bentuk Emansipasi?

Emansipasi adalah sebuah bentuk keinginan para wanita diakui dan diapresiasi bahwa wanita setara dengan kaum laki – laki. Dengan banyak cara yang wanita sudah lakukan sebagai bentuk emansipasi yang wanita inginkan. Namun sebetulnya jauh sebelum istilah emansipasi wanita muncul sebagai bentuk keadilan yang diinginkan wanita Rosulullah sudah mengajarkan untuk memuliakan wanita.

wanita karir dalam perspektif hukum islam
Ingat sejarah zaman jahiliyah? Pada saat itu banyak wanita disiksa, di kubur hidup – hidup, diperlakukan semena – mena oleh banyak kaum dan umat terdahulu. Disaat Islam datang dengan perwakilan Allah yaitu Nabi Muhammad SAW, pada akhirnya berubahlah segala kondisi ini.

Wanita bukan hanya ingin disamakan kedudukannya, melainkan lebih dimuliakan. Ini jauh dari sekedar ekspetasi penyamarataan gender. Walaupunketika ditanya siapa orang yang harus dimuliakan? Rasul menjawab ibu – ibu –ibu –bapak. Bukankah hal ini membuktikan bahwa wanita begitu mulia kedudukannya dalam agama Islam? Begitupun wanita karier dalam pandangan islam merupakan hal sah – sah saja karena asalkan berjalan pada jalan yang benar.

Jika emansipasi wanita meminta suatu kedudukan politik dan pengakuan akan kesamaan derajat antara laki – laki dan wanita, hal ini sudah jelas, wanita karier dalam pandangan islamsudah mengajarkan untuk lebih memuliakan wanita. Mungkin masih banyak hal yang tidak mampu wanita kerjakan. Namun tidak sedikit pula, pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh wanita. Maka, sebenarnya tidak perlu terjadi sebuah perdebatan yang bersifat gender, karena kedua sisi ini tentu akan saling membutuhkan satu sama lainnya.
Title : Hukum Berhijab Dalam Berkarier Untuk Wanita Muslimah
Description : Topik kita kali ini membicaraan tentang aktivis muslimah, pada saat wanita mengetahui bagaimana seharusnya seorang muslimah bersikap bija...

0 Response to "Hukum Berhijab Dalam Berkarier Untuk Wanita Muslimah"

Posting Komentar